Selasa, 04 Desember 2012

ACCA dab KMPG Serukan Keseragaman dalam Pelaporan Keuangan Islam

The Assoiciation of Chartered Certified Accountant (ACCA) dan KPMG telah menyerukan kerjasama yang lebih besar antara IASB (International Accounting Standard Board) dan regulator keuangan islam seperti AAOIFI untuk memastikan keseragaman dalam pelaporan keuangan lembaga keuangan islam.
Dalam sebuah laporan yang diterbitkan bersama, ACCA dan KPMG juga mendesak otoritas akuntansi global dan industri keuangan islam untuk berkolaborasi untuk mengembangkan pedoman, standar, dan mendidik komunitas investor pada isu-isu kunci yang ada di dalam industri.
contoh makalah, makalah ekonomi, contoh makalah ekonomi islam, makalah ekonomi islam 
Samer Hijazi, seorang direktur di praktik jasa keuangan KPMG mengatakan bahwa: "Industri keuangan Islam telah mencapai tahap baru yang lebih matang. Karena IASB berusaha untuk mendirikan IFRS (International Financial Reporting Standards) sebagai satu-satunya standar pelaporan keuangan global yang berkualitas tinggi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan bagaimana keuangan Islam sesuai dalam kerangka kerja global."

Aziz Tayyebi, kepala pengembangan internasional di ACCA dan ahli dalam keuangan Islam, juga mengatakan bahwa di antara tantangan utama yang dihadapi keuangan Islam dan penentu standar global adalah perbedaan dalam pelaporan oleh lembaga keuangan Islam di berbagai negara.
Dia mencatat bahwa ini menciptakan ketidakpastian tidak hanya di kalangan lembaga syariah, tetapi juga dengan pesaing mereka dari bank-bank konvensional. "Jika mereka tetap kompetitif dengan rekan-rekan konvensional, laporan keuangan mereka harus sebanding," katanya

Laporan ACCA-KPMG juga menunjukkan bahwa IASB mempertimbangkan untuk menerbitkan pedoman penerapan IFRS untuk beberapa produk keuangan Islam yang ditawarkan oleh bank syariah dan konvensional, dan adanya pengungkapan tambahan yang bisa dibuat untuk stakeholder yang ingin mencari informasi tentang operasional syariah di suatu entitas.

Hal ini juga mendesak IASB untuk bekerja dengan AAOIFI untuk menilai kesenjangan antara IFRS dan standar akuntansi Islam, dan menyarankan untuk review terminologi yang digunakan dalam IFRS, seperti bunga, dengan adanya kemungkinan untuk amandemen.

TOTAL PENAYANGAN

Recent Posts

Recent Posts

Chrome Pointer

SARAN DAN KRITIK