Selasa, 11 Desember 2012

Rekor Gol Lionel Messi Diprotes Legenda Brasil dan Legenda Zambia



 
 

BARCELONA - Rekor gol Lionel Messi dalam setahun yang mencapai 88 buah kini menjadi perdebatan.
Itu tak lain setelah legenda Zambia, Godfrey Chitalu memprotes rekor tersebut. Menurut dia, Messi tak pantas mendapatkan rekor tersebut karena dirinya mampu mencetak gol lebih banyak dalam periode yang sama.
Chitalu mengklaim mampu membuat 107 gol di sepanjang 1972.
Rekor Gol Lionel Messi Diprotes Legenda Brasil dan Legenda Zambia
Belum selesai perdebatan tersebut, muncul perdebatan baru setelah legenda Brasil dan Flamengo, Zico bisa membuat 89 gol. Total gol itu dibuatnya pada 1979.
Jumlah perbedaan gol Zico dengan Messi memang hanya satu dan kemungkinan besar akan pecah. Namun, Messi harus bekerja cukup keras dan cenderung mustahil karena harus mengejar 20 gol lagi.
Hal yang mustahil karena tahun ini, Messi tinggal menyisakan empat laga lagi.
Sayang, kedua rekor milik Zico dan Chitalu itu seolah lenyap dari sejarah karena tidak tercatat oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Hal itu yang coba diperjuangkan baik oleh Asosiasi Sepak Bola Zambia pun Flamengo, agar rekor keduanya diakui oleh FIFA.
"Kami memiliki tim independen dan komisi lokal untuk meninjau kembali data dan catatan dari menit ke menit setiap golnya. Kami akan mengirimkan bukti ini ke CAF dan FIFA sehingga mereka bisa melihatnya. Sementara rekor Messi tercipta, rekor Muller tercipta, pemegang rekor yang sebenarnya adalah seorang pemain Afrika," ucap juru bicara FA Zambia kepada NewsDay Zimbabwe .
Selain Chitalu, klaim dari Flamengo juga muncul terkait jumlah gol Messi yang masih terpaut satu dari rekor Zico pada 1979. Mantan gelandang andalan Selecao itu menorehkan 81 gol untuk Flamengo, tujuh bersama Brasil dan satu pada laga persahabatan antara Argentina kontra World XI.
"Kami kecewa, Messi masih belum memecahkan rekor," ucap Bruno Lucena, ketua badan penelitian dan departemen statistik Flamengo, seperti dikutip dari Lance .
Bahkan, Lucena mengklaim, Zico bisa saja mencetak lebih dari 100 gol andai tak mengalami cedera yang memaksanya absen hingga dua bulan."Jika dia bermain penuh sepanjang tahun, dia bisa saja mencetak lebih dari 100 gol.
Lance sendiri merilis statistik gol Zico sepanjang 1979, termasuk dua kali menorehkan enam gol dalam satu laga, sekali mencetak empat gol, dan lima kali hat-trick. Andai rekor Zico diakui FIFA, Messi memiliki dua kesempatan untuk melampauinya, mengingat Barcelona masih punya dua laga lagi sebelum akhir tahun.

 
Sumber: Duniasoccer.com

TOTAL PENAYANGAN

Recent Posts

Recent Posts

Chrome Pointer

SARAN DAN KRITIK