Kamis, 06 Desember 2012

Thailand Hari Ini Rayakan HUT Raja Bhumibol ke-85

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej berulang tahun ke-85 pada 5 Desember 2012

Berkuasa sejak 9 Juni 1946, dia pemimpin monarki terlama di dunia

Rakyat Thailand hari ini bersukaria merayakan ulang tahun raja mereka, Bhumibol Adulyadej. Kendati tidak sebugar dan sesehat dulu, Raja Bhumibol di usia ke-85 tahun ini masih terlihat antusias menyambut rakyatnya.

Menurut laman harian Bangkok Post, puluhan ribu warga Thailand memenuhi jalan-jalan utama di ibukota untuk ikut memeriahkan HUT raja. Mereka juga ingin mendengar sambutan langsung dari raja di Istana Anatasamakom.

"Semoga Raja panjang umur!" begitu teriakan mereka saat melihat iring-iringan kendaraan Raja Bhumibol, yang mengantarnya ke istana. Sejak 2009, raja tinggal di Rumah Sakit Siriraj setelah menderita gangguan pernafasan.

Di usia yang sudah senja, kesehatan Raja Bhumibol menurun drastis, sehingga perlu perawatan intensif tim dokter. Dia pun pada Juli lalu juga mengalami pendarahan ringan di otak.

Kendati demikian, raja masih sekuat tenaga menjalankan tugas-tugasnya sebagai kepala negara. Dalam beberapa pekan terakhir dia menerima kunjungan beberapa tamu penting, seperti Presiden Barack Obama dari Amerika Serikat dan Perdana Menteri China, Wen Jiabao.
Suasana riuh langsung terdengar begitu Raja Bhumibol tampil di balkon istana. Menurut The Nation, raja membacakan ucapan terima kasih atas sambutan rakyat. Tidak sedikit warga yang langsung menitikkan air mata karena terharu.
Selama menemui rakyatnya yang setia menunggu di luar istana, raja ditemani dua anak-anaknya, yaitu Pangeran Maha Vajiralongkorn dan Putri Maha Chakri Sirindhorn, ungkap kantor berita Reuters. Setelah menemui rakyat, Raja Bhumibol kembali ke rumah sakit.

Dia tidak ditemani istrinya, Ratu Sirikit, yang kondisi kesehatannya juga menurun. Ratu berusia 80 tahun itu menderita gangguan aliran darah ke otak dan kondisinya saat ini tidak memungkinkan dia untuk keluar dari rumah sakit.

Memerintah sejak 9 Juni 1946, Raja Bhumibol kini merupakan pemimpin monarki terlama di dunia. Dia pun dikenal sebagai raja terlama yang memerintah Thailand. 

Renne R.A Kawilarang

TOTAL PENAYANGAN

Recent Posts

Recent Posts

Chrome Pointer

SARAN DAN KRITIK